Monday, 3 August 2020

Tujuan Ngeblog Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Segala sesuatu yang kita lakukan tentu mempunyai maksud dan tujuan. Begitu juga dalam hal ngeblog, semua blogger tentu mempunyai maksud dan tujuan tertentu kenapa ia memutuskan membuat dan mengisi blognya secara berkala. Tentu saya pun seperti itu. Menulis blog memiliki tujuan-tujuan tertentu sehingga apa yang saya tulis dan saya kutip bernilai dan mengandung makna.

Ngeblog harus punya tujuan sehingga pada perjalanannya tidak sampai kehilangan arah. Baik tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Saya merangkum beberapa poin dari tujuan ngeblog saya sejak 15 tahun yang lalu.



A. Tujuan Jangka Pendek (Short Term)

1. Self Healing
Bagi saya, menulis blog merupakan hal yang sangat menyenangkan dan membantu menenangkan fikiran. Ketika rasa sedih, bingung dan galau datang, atau di saat hal-hal yang tidak menyenangkan hinggap di fikiran, menulis blog merupakan obat yang mujarab untuk melawan semua rasa dan fikiran buruk itu. Oleh sebab itu, bagi saya menulis merupakan self healing sehingga hawa-hawa negatif bisa menghilang dari diri.

2. Mengisi Waktu Luang Agar Produktif
Setelah pekerjaan rumah selesai, terkadang ketika ada waktu luang hanya digunakan untuk menonton televisi, main medsos, menonton film, ngerumpi, atau melakukan hal-hal lainnya yang kurang produktif saya selalu merasa resah. Selalu merasa ada yang kurang dari hidup ini. Kurang memanfaatkan waktu untuk produktif. Setelah waktu berlalu, saya kerap menyesal dan menyayangkan waktu terbuang percuma begitu saja. Oleh sebab itu kegiatan menulis di blog merupakan salah satu cara efektif saya agar waktu luang tetap produktif.  


B. Tujuan Jangka Panjang (Long Term)

1. Mendokumentasikan foto-foto dan cerita perjalanan (Menyimpan Kenang-kenangan)
Seperti yang pernah diceritakan di postingan sebelumnya yang berjudul 5 Alasan Kenapa Saya Menulis di Blog, salah satu alasannya adalah karena begitu banyak kisah perjalanan yang sayang kalau tidak dicatat dan diabadikan melalui tulisan. Kisah pendakian gunung, island hopping, ataupun traveling. Saya memerlukan wadah dan tempat untuk menuangkan kisah-kisah perjalanan tersebut. Dan blog adalah sarana yang sangat tepat untuk itu. Ketika saya mulai menuliskan dan membagikan kisah-kisah tersebut di media blog, kemudian ada yang membacanya dan tak jarang ada yang mengapresiasi, rasanya hal itu menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri bagi saya. 


2. Agar dibaca dan sampai ke anak cucu
Salah satu tujuan jangka panjang dari kegiatan saya menulis di blog adalah agar tulisan-tulisan saya kelak dibaca oleh anak cucu. Sehingga keturunan saya jika kelak saya sudah tidak ada, mereka dapat mengetahui bagaimana dan seperti apa saya. Kisah-kisah yang akan menjadi memoar untuk diceritakan kembali oleh mereka ketika berkumpul bersama keluarga.

3. Untuk berbagi pengetahuan dan jika ada yang bermanfaat menjadi ladang pahala
Saya selalu merasa takjub jika ada pembaca blog yang mengirim email dan mengucapkan terima kasih atau bertanya hal-hal tertentu mengenai isi blog saya. Sungguh hal ini merupakan apresiasi sehingga saya merasa bahagia dan tersanjung. Terlebih email yang datang selalu bernada positif sehingga makin menyemangati untuk terus rutin menulis blog. Dengan itu saya menganggap apa yang ditulis walaupun mungkin sepele, ternyata masih saja dicari dan ada manfaatnya bagi orang lain. Dari tulisan-tulisan yang tidak seberapa itu, saya mengais dan berharap ada pahala yang bisa didapatkan.  

4. Mengasah otak agar tetap bekerja
Sebilah pisau akan tumpul jika tidak digunakan. Begitu juga otak. Jika tidak digunakan untuk berfikir maka ia akan tumpul dan malas untuk berfikir. Semakin malas otak digunkan berfikir, maka semakin cepat kepikunan mendatangi seseorang. Maka dengan menulis, saya berharap agar otak  selalu bekerja, selalu kritis dan semoga saja menghilangkan kepikunan di masa tua kelak. Jika otak saya diasah terus-menerus dengan cara menulis di blog, saya berharap agar dipanjangkan ingatan.


Itulah tujuan saya ngeblog dalam jangka pendek dan panjang. Apakah teman-teman mempunyai tujuan yang sama atau ada lagi tujuan lainnya?  

No comments: