Sunday, 16 August 2020

Apa Arti Kemerdekaan Bagimu?

Bulan Agustus adalah bulan yang selalu menyisakan kenangan yang indah pada masa kecil saya. Selain Ramadan, Agustus adalah bulan lainnya yang selalu kami - anak-anak kampung - tunggu-tunggu. Ada banyak keseruan khas Agustusan yang selalu terkenang dalam ingatan. Terutama kegiatan upacara dan perlombaan antar kampung yang kerap menyedot partisipasi juga perhatian masyarakat.

Di kampung saya, Agustusan kerap kali diisi dengan lomba hias Jampana. Sejenis rumah-rumahan yang dihias begitu rupa sehingga sangat menarik untuk dilihat. Jampana ini bisa diisi oleh makanan atau pernak-pernik yang unik. Peserta lomba biasanya antar kampung dan antar RW. 

Kreativitas sangat menentukan kemenangan dalam lomba ini. Biasanya jampana diarak melalui jalan-jalan kampung hingga tiba di lapangan sebagai lokasi lomba. Masyarakat sangat antusias dan berjejer di tepi jalan menyaksikan iring-iringan jampana. Ketika iring-iringan habis, masyakarat kemudian ikut serta berkumpul di lokasi lomba.

Selain lomba jampana lomba-lomba lainnya sangat ditunggu-tunggu warga terutama lompa panjat pinang yang kerap menyedot perhatian seluruh lapisan masyarakat. Serunya adalah ketika warga selalu ramai dan antusias mengikuti berbagai perlombaan sehingga terlihat sangat meriah.

Ketika beranjak dewasa dan pindah tempat tinggal, kemeriahan di Bulan Agustus tetap terasa. Masyarakat di komplek perumahan dimana saya tinggal senantiasa membuat gapura di pintu masuk serta lampu-lampu hias berikut pita merah putih yang terentang hampir meliputi seluruh jalan kompleks. 

Puncak perayaan Agustusan terjadi pada tanggal 17 dimana setelah upacara, berbagai perlombaan digelar. Anak-anak dan dewasa larut dalam berbagai perlombaan yang diselenggarakan panitia lomba di kompleks. Lomba sepeda hias, lomba kerupuk dan lomba-lomba menarik lainnya seperti lomba tinju dengan menutup kepala menggunakan helm terbalik.

Tahun ini memang berbeda, Agustusan tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya. Pandemi sedikit menghilangkan kemeriahan yang kerap terjadi di tahun-tahun tersebut. Meskipun demikian, justru pada tahun ini masyarakat semakin menyadari betapa pentingnya hidup dalam kemerdekaan. Kemerdekaan dalam berdaulat menjadi satu bangsa, kemerdekaan berkumpul dan berserikat, kemerdekaan mengungkapkan pendapat, kemerdekaan dalam masalah kesehatan, kemerdekaan secara ekonomi serta kemerdekaan lainnya dalam sisi yang positif.


Arti Kemerdekaan Bagi Saya

Bagi saya sendiri, Agustusan di masa pandemi menjadi bulan perenungan dimana perjuangan para pendahulu kita yang berjuang melawan penjajah dengan tetes darah dan air mata harus kita hargai dengan cara mengisi kemerdekaan ini dengan turut serta menaati aturan pemerintah. 

Anak-anak muda sekarang bilang bahwa dahulu para pahlawan berjuang membela negara dengan bersimbah darah, sedangkan dimasa pandemi begini, membela negara sangat gampang sekali cukup rebahan di rumah sudah bisa membela negara dan masyarakat. Menyelamatkan negara dari wabah Covid-19. Sangat bertolak belakang namun pernyataan ini memang ada benarnya.

Kemerdekaan bagi saya merupakan kebebasan bangsa ini untuk berdaulat dalam segala bidang kehidupan. Merdeka baik dalam bidang perekonomian, pertanian, kesehatan, teknologi, penguasaan sumber daya alam serta pertahanan keamanan. Tidak ada kamus untuk didikte asing terutama dalam mengelola pembangunan dan sumber daya alam.

Kemerdekaan bagi saya adalah ketika anak-anak Indonesia mendapatkan akses pendidikan secara layak sehingga mereka mampu bersaing secara nsional maupun global dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. 

Kemerdekaan bagi saya adalah ketika kita tidak dihantui oleh perasaan takut oleh penyakit atau terserang penyakit seperti covid-19 sekarang ini. Kini kita merasa terjajah oleh rasa takut. Takut terkena dan takut menularkan kepada orang lain.

Intinya kemerdekaan adalah hak yang harus kita perjuangkan sehingga kemerdekaan itu sendiri kembali menjadi milik negeri ini dengan seluruh potensi yang ada di dalamnya.

No comments: