Tuesday, 25 August 2020

Adakah Hubungan dari Background Pendidikan dengan Ngeblog?

Di tulisan kali ini kita akan membahas adakah hubungan dan pengaruh dari background pendidikan saya dengan ngeblog yang kini menjadi hobby sekaligus pekerjaan sampingan saya. Apakah dengan background pendidikan tersebut membantu saya hingga mencapai titik ini atau bahkan tidak ada hubungannya sama sekali. 


Saya mulai menyukai hobby ngeblog pada tahun 2005. Tahun itu memang sedang booming platform multiply yang dapat berbagi cerita sekaligus foto-foto. Kebetulan di tahun itu saya masih dalam masa-masa kuliah yang padat. Saya mengambil jurusan Manajemen Ekonomi karena niatnya ingin menjadi Sarjana Ekonomi dan kelak berharap bisa membuka sebuah bisnis atau usaha.

Pendidikan dan Ngeblog


Di tahun yang sama, saya banyak kelayapan jalan-jalan ke berbagai tempat. Banyak sekali foto perjalanan yang saya simpan di album dan juga kamera. Selain itu banyak juga cerita perjalanan yang terkenang-kenang dan saya ingin menuliskannya. Maka, mulailah saya menyimpan semua kenangan jalan-jalan baik foto maupun cerita tersebut di dalam blog multiply. Sehingga pada akhirnya, jadilah tulisan-tulisan tersebut kebanyakan tentang mendaki gunung dan traveling.


Karena sudah terlanjur mengisi blog dengan tema wisata, traveling dan mendaki gunung, akhirnya jarang mengisi blog tersebut dengan tema-tema lain terutama tema yang berhubungan dengan pendidikan saya semasa kuliah.


Dua tahun terakhir, saya tergelitik ingin menulis tema tentang ekonomi dan berbagai hal di keseharian saya yang tidak ada hubungannya dengan dunia traveling, maka dibuatlah blog ini dengan harapan saya mampu mengadaptasikan ilmu yang pernah diperoleh selama bangku kuliah menjadi tulisan-tulisan yang bertema ekonomi. Namun, hingga saat ini saya merasa ilmunya masih sangat minim sehingga belum pantas menuliskan blogpost yang berbau ekonomi.


Namun karena blog sudah dibuat, dan isinya juga sudah mulai beragam, sepertinya saya harus sudah mulai serius membuat kanal atau label yang berbau ekonomi. Beberapa teman pernah memberi semangat bahwa kalau basic pendidikan saya di ekonomi seharusnya saya juga bisa menuliskan tentang tema ini terlebih tidak banyak blogger yang membahas tentang tema ini. 


Untuk pendidikan non formal, saya pernah menjalani pendidikan dasar tentang kepecintaalaman sehingga pengetahuan dari sini cukup berpengaruh terhadap gaya dan ide penulisan pendakian gunung dan petualangan. Terutama saat menuliskan tentang safety atau keselamatan dalam pendakian gunung.


Pendidikan bagaimana cara survival atau bertahan hidup di alam liar, cara berpakaian ke gunung, barang atau benda apa yang harus dibawa dalam pendakian, bagaimana bertahan hidup di hutan, cara membuat jejak, navigasi, membaca tanda-tanda alam, dan ilmu pengetahuan lainnya yang tidak didapatkan di bangku sekolah.


Pendidikan non formal lainnya yang pernah saya kenyam adalah pendidikan kursus komputer sehingga ketika pertama kali ngeblog tahun 2005 menggunakan komputer, sudah memahami sedikit banyaknya tentang cara menulis artikel, grafik dan sejenisnya.


Dari kemampuan di kursus komputer ini mulai rajin menulis via komputer dan menyimpan berbagai tulisan di sana sehingga ada banyak tulisan dan artikel yang bisa langsung diupload ke blog setelah terkoneksi internet. Tahu kaan tahun-tahun segitu kecepatan internet tidak secepat sekarang. malah saya masih rajin pergi ke warnet karena jaringan internet di HP masih GPRS.  


Jadi begitulah tentang hubungan pendidikan saya dengan ngeblog. Walaupun tidak banyak, namun cukup membantu kemampuan saya dalam menulis dan mengembangkan blog. Dan untuk blog ini saya ingin serius membahas tentang hal-hal berbau ekonomi meskipun entah kapan akan memulainya.

2 comments:

Annisa Rizki Sakih said...
This comment has been removed by the author.
Annisa Rizki Sakih said...

Assalamu'alaikum teteh.. Duh, baru kali ini sempat bertamu ke rumah maya yang ini. kalau saya malah merasa justru banyak terbantu dengan pengetahuan yang trivial selama ngeblog, mungkin saya yang masih kurang pede menulis sesuai latar belakang pendidikan ya.. Tapi ada sih sesuatu yang berkaitan dengan dunia hukum yang dari duluuu sekali ingin saya angkat di blog saya. Semoga bisa segera direslisasikan.