Labels

Wednesday, 1 July 2020

Resolusi Semester Kedua di Tahun 2020

Tahun-tahun lalu, saya beberapa kali membuat resolusi namun tak satupun yang goal. Dalam arti semua yang dibuat secara keseluruhan tidak terpenuhi semuanya. Walaupun ada beberapa yang tercapai. Tahun lalu bahkan tanpa membuat ressolusi sama sekali. Hidup mengalir begitu saja tanpa arah dan tujuan yang jelas selain mengikuti rutinitas sehari-hari. 

Resolusi 2020


Awal tahun ini pun sama, saya tidak membuat resolusi hanya punya satu keinginan untuk konsisten menulis 10 postingan setiap bulannya. Pada dua bulan pertama target tercapai, namun selanjutnya blog makin jarang diisi dan jumlah tulisan pun semakin menurun. 

Maka dipertengahan tahun ini mau tidak mau saya harus kembali membuat target atau resolusi yang harus dicapai hingga 6 bulan terakhir di tahun ini agar lebih produktif dan bermanfaat. Baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. 

Hari ini saya memutuskan untuk membuat 10 resolusi sebagai berikut: 

1. Posting blog di linasasmita.com sebanyak 10 blogpost per bulan 
2. Postingan blog di bundachila.com sebanyak 4 blogpost per bulan 
3. Target posting video youtube 4 post per bulan 
4. Target mengaji minimal 4 juz per bulan (1 minggu minimal 1 juz) 
5. Memperdalam Bahasa Inggris terutama untuk conversation melalui podcast 
6. Menabung dengan serius untuk membeli aset atau modal usaha 
7. Belajar membeli saham atau bentuk usaha bagi hasil lainnya
8. Desember 2020 atau akhir tahun 2020 follower instagram harus mencapai minimal 5K 
9. Memperbaiki SEO blog dengan target DA 30 di blog linasasmita.com sampai akhir tahun 
10. Membaca buku minimal 1 bulan 1 buku 

Sebenarnya jika diteliti lagi, ini adalah akumulasi resolusi-resolusi saya sebelumnya yang gagal. Saya coba kumpulkan dan tetapkan lagi di sini supaya saya bisa melacaknya dan kembali ke jalur yang benar jika dalam perjalanan hingga akhir tahun nanti melenceng. 

Untuk mewujudkan resolusi semester 2 tahun 2020 ini tentu diperlukan komitmen yang kuat serta disiplin yang luar biasa ketat. Sementara saya orangnya gampangan. Dikasih lihat film bagus saja di televisi sudah langsung luluh dan jadwal atau kegiatan yang seharusnya bisa diselesaikan hari itu jadi berantakan dan tidak terpegang. Terbengkalai hingga hari berikutnya. 

Itulah sisi buruk saya yang tidak saya suka. Namun, semoga hal yang sebenarnya sederhana di atas, bisa saya wujudkan walaupun memang berat terlebih jika mulai malas-malasan. Namun akan luar biasa hasilnya jika saya tetap disiplin. 

Poin-poin atau target yang harus dicapai dalam semester ini kebanyakan mengenai blog dan dunia digital yang memang sudah tidak bisa dihindari lagi harus dijalani. Mengenai blog, karena sudah terbiasa mungkin bisa saya selesaikan dengan cepat. Namun mengenai video, saya perlu berlajar banyak lagi mengenai berbagai aplikasi mana yang cocok sehingga dapat menghadirkan video yang maksimal. 

Saya juga menambahkan untuk serius belajar Bahasa Inggris karena semakin hari kemampuan berbahasa Inggris ini semakin banyak diperlukan terutama karena artikel-artikel tentang SEO dan dunia luar kebanyakan menggunakan Bahasa Inggris. Selain itu saya penganut sistem Lifelong Learning sehingga belajar adalah jalan hidup saya hingga tua kelak. Mungkin kalau Bahasa Inggrisnya sudah merasa cukup saya akan lanjut untuk belajar Bahasa Arab. 

Selain mengisi blog dan mengasah kemampuan diri, maka kebutuhan rohani saya pun harus terpenuhi. Menurut para orang tua kita dahulu, diri manusia ini terdiri dari 3 bagian yaitu jasad atau tubuh, kedua akal, ketiga ruh/jiwa. Baik jasad, akal maupun jiwa, ketiganya ini harus diberi makan. Jasad diberi makanan yang baik dan istirahat yang cukup. Akal diberi ilmu pengetahuan sementara ruh harus diberikan ilmu agama. Maka dari itu semoga dari semua resolusi ini sudah mencakup ketiga bagian tubuh tersebut.

No comments: