Labels

Saturday, 4 July 2020

Mengapa Skills dan Networking Sangat Penting?

Jika ingin terus hidup, seseorang harus mempunyai keterampilan hidup. Untuk mempertahankan hidup yang sedang dijalaninya, ia wajib memiliki keterampilan untuk mencari/mendapatkan makanan. Secara alami keetramipilan ini sudah dimiliki oleh manusia sejak ia lahir. 

Mengapa Skill dan Networking Penting?

Dalam menghadapi kehidupan yang lebih luas dan kompleks lagi, maka skills atau keterampilan yang harus dimiliki seseorang makin beragam. Untuk mendapatkan pekerjaan, ia harus memiliki keterampilan komunikasi. Untuk menjadi seorang manager, ia harus memiliki keterampilan manajemen waktu, dan untuk bekerja di sebuah organisasi/perusahaan ia harus memiliki keterampilan kerja dengan tim dan kemampuan kepemimpinan.

Apakah keterampilan ada hubungannya dengan perolehan gelar? Gelar memiliki tujuan kepentingannya sendiri. Seseorang perlu memiliki beberapa keterampilan untuk mencapai gelar. Seorang individu bodoh sepenuhnya tidak dapat memenuhi syarat untuk mencapai gelar. Oleh karena itu, kita dapat meringkas dengan mengatakan bahwa gelar adalah langkah pertama dalam tangga keterampilan yang mengarah pada kesuksesan dalam hidup. Meskipun tanpa gelar, seseorang bisa memiliki keetrampilan berdasarkan pengalaman hidup.

Dalam lingkungan yang terus berubah, memiliki keterampilan hidup adalah bagian penting untuk dapat memenuhi tantangan kehidupan sehari-hari. Perubahan dramatis dalam ekonomi global selama beberapa tahun terakhir telah diimbangi dengan transformasi dalam hal teknologi dan ini semua berdampak pada pendidikan, sosial, budaya, serta pola fikir dan tata kelola masyarakat dunia. 

Untuk mengatasi peningkatan kecepatan dan perubahan kehidupan modern, seseorang membutuhkan keterampilan hidup baru seperti kemampuan untuk mengatasi stres dan frustrasi. Anak-anak muda zaman sekarang bahkan memiliki banyak pekerjaan baru selama hidup mereka, dengan tekanan terkait dan kebutuhan akan fleksibilitas.

Dalam kehidupan sehari-hari, pengembangan kecakapan hidup membantu seseorang untuk:
  • Menemukan cara berpikir dan pemecahan masalah yang baru
  • Mengenali dampak dari tindakan mereka dan mengajarkan mereka untuk bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan daripada menyalahkan orang lain
  • Membangun kepercayaan diri dalam keterampilan berbicara dan untuk kolaborasi dan kerja sama kelompok
  • Analisis opsi, membuat keputusan, dan memahami mengapa mereka membuat pilihan tertentu di luar kelas
  • Mengembangkan kesadaran diri dan penghargaan yang lebih besar terhadap orang lain

Mengenal Networking

Saat ini jaringan atau networking telah menjadi aspek penting dari pencarian sebuah pekerjaan. Bahkan jika seseorang sudah mapan sekalipun dalam hal pekerjaannya dan tidak memiliki rencana untuk pindah atau memajukan karir dengan segera, networking telah terbukti menjadi alat yang berharga. Hari ini, penelitian telah menunjukkan bahwa hingga 80% dari pekerjaan tidak pernah diiklankan - mereka mengisi lowongan pekerjaan dari informasi mulut ke mulut. Jadi, siapa yang Anda kenal dan siapa yang mengenal Anda adalah hal yang penting. 

Seseorang harus mengembangkan hubungan dan koneksi dalam jaringannya untuk memiliki lebih banyak peluang untuk memajukan kariernya. Menghadiri rapat dan acara sosial yang diselenggarakan oleh asosiasi profesional adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan orang-orang di bidang yang sama. 

Networking akan membantu mengembangkan dan meningkatkan keahlian Anda, tetap mengikuti tren terbaru di industri Anda, menjaga denyut nadi di pasar kerja, bertemu calon mentor, mitra, dan klien, dan mendapatkan akses ke sumber daya yang diperlukan yang akan membantu perkembangan Anda. 

Berbagi perangkat seperti printer menghemat uang. Lisensi situs (perangkat lunak) cenderung lebih murah daripada membeli beberapa lisensi mandiri. File dapat dengan mudah dibagikan antar pengguna. Pengguna jaringan dapat berkomunikasi melalui email dan instant messenger.

Jaringan dapat membantu Anda dipekerjakan dan menumbuhkan karier Anda. Laporan LinkedIn: 80% profesional menganggap jejaring profesional sebagai hal penting untuk kesuksesan karier. 35% profesional yang disurvei mengatakan bahwa percakapan biasa di LinkedIn Messaging telah menghasilkan peluang baru.

Networking penting di tempat kerja karena membuat Anda diperbarui dengan denyut nadi perusahaan. Ini memberi Anda kesempatan untuk mengenal orang-orang yang bekerja dengan Anda atau akan bekerja dengan Anda di masa depan.


Referensi:
1. https://www.macmillanenglish.com/id/blog-resources/article/why-are-life-skills-important
2. medicaldosimetry.org/career-services/why-networking-is-important/

No comments: