Labels

Saturday, 25 July 2020

Keutamaan-Keutamaan dalam Mengamalkan Ilmu

Keutamaan Ilmu

Rasulullah saw bersabda, “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara, yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau doa anak yang sholeh” (HR. Muslim no.1631)

Hadist Rosululloh Shollaloohu'alaihiwasallam tersebut membuktikan bahwa seseorang yang berilmu mempunyai kedudukan yang tinggi di hadapan Allah SWT dan pahala ilmu seseorang mengalir bahkan hingga ia meninggal dunia. Itulah sebabnya di postingan kali ini saya ingin membahas tentang keutamaan ilmu dimana takkan pernah habis jika diamalkan.

Mengamalkan ilmu yang telah diperoleh kepada orang lain sehingga orang itu faham dan mengerti maka ilmu tersebut jadi bertambah. Bagi si pemberi ilmu, ia akan semakin mahir, menguasai dan bahkan menjadi ahli karena ia mempertajam ilmunya dengan mengingat dan mengamalkan sedangkan bagi si penerima, maka ilmu tersebut akan menjadi penerang jalan dan sebuah solusi. Keduanya merupakan kebaikan. Oleh karena itu Allah SWT berfirman dalam Al Qur'an: 

"… Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat." (QS. al-Mujadalah [58]: 11)

Dari kutipan Al Qur'an di atas jelas sudah bahwa Allah SWT meninggikan orang berilmu beberapa derajat di atas orang kebanyakan. Bahkan dalam beberapa riwayat diceritakan bahwa orang yang berilmu lebih ditakuti oleh iblis dan setan dibanding orang yang taat beribadah. Kenapa begitu? Karena orang yang berilmu memahami dan lebih tahu tentang tata cara beribadah yang baik dan benar sesuai tuntunan agama. 

Baca juga artikel berikut: 5 Kebahagiaan Sederhana yang Saya rasakan.

Di riwayat lain Rosululloh bersabda bahwa tidurnya orang berilmu lebih ditakuti oleh setan dibanding salatnya ahli ibadah. Bagaimana bisa orang yang tidur ditakuti oleh setan? Begitulah keutamaan orang berilmu. Bahkan menjelang tidur, di saat tidur atau bangun dari tidur pun dengan ilmunya ia akan tetap menggunakan ilmunya sehingga setanpun tidak dapat mendekatinya. 

Dikutip dari Tribun Jakarta di dalam artikel doa lengkap sebelum tidur agar terhindar dari gangguan jin dan kemalingan, disebutkan bahwa Syekh Nawawi dalam satu kitabnya menceritakan amalan ringan dan sederhana yakni membaca basmallah sebanyak 21 kali. Kutipannya sebagai berikut:

"Di antara khasiat atau keistimewaan basmallah adalah, jika dibaca seseorang sewaktu akan tidur sebanyak 21 kali, maka pada malam itu ia akan aman dari gangguan setan, rumahnya akan aman dari kemalingan, aman dari kematian mendadak, dan aman dari berbagai petaka yang lainnya. (Syekh Nawawi Al bantani, Kasyifah Al Syaja, Syarh Safinah Al Naja, Cetakan Darul Ihya, halaman 3).

Dalam riwayat lain sebuah hadist dari Kitab Musnad Imam Ahmad dan Sunan Ibnu Majah, Ummu Salamah Roodiyallohuanhu berkata: "Rosululloh Shollaloohu'alaihiwasallam setelah salat Subuh membaca doa, Ya Allah, Aku meminta kepada-Mu ilmu yang bermanfaat dan amal yang diterima juga rizki yang baik."

Doa ini mengisyaratkan tiga hal dasar yang seharusnya dicari dan dicapai oleh seseorang supaya mendapatkan keberkahan dalam hidupnya melalui ilmu. Ilmu yang bermanfaat sehingga dapat diamalkan dan amal tersebut diterima oleh Allah SWT sehingga mengalirkan rizki yang baik. Ilmu tak akan bermanfaat apabila tidak diamalkan. 


Tips mengaplikasikan ilmu yang pernah didapat sehingga bermanfaat:
  1. Ikhlas memberikan ilmu kepada orang lain dengan berharap ridho Allah SWT
  2. Kuasailah ilmu tersebut 100% sedikitnya 50% sehingga mudah dicerna oleh si penerima
  3. Sabar dan berempati sehingga si penerima dapat memahami ilmu yang diajarkan
  4. Siapkan beberapa metode atau cara sehingga yang diajarkan mudah mencerna materi yang disampaikan.

Referensi:
1. https://galamedia.pikiran-rakyat.com/humaniora/pr-35534340/doa-rasulullah-setelah-salat-subuh
2. https://kisahmuslim.com/3129-iblis-lebih-takut-kepada-orang-yang-berilmu-dibanding-ahli-ibadah.html
3. https://news.detik.com/kolom/d-3408922/mengajarkan-ilmu-dengan-mudah


No comments: