Labels

Monday, 29 June 2020

Romantika dan Nostalgia Semasa SMA

Orang bilang, masa SMA adalah masa-masa yang paling indah. Betul apa benar? Saya sangat setuju dengan pendapat ini. Karena memang kenyataannya, sampai sekarang pun saya masih merasakan indahnya masa-masa itu. Berteman, bersahabat, belajar, bertengkar, berorganisasi, bertamasya, menyukai seseorang atau membencinya di saat yang bersamaan. Semua itu ternyata memang indah untuk dikenang.


Dahulu saya sekolah di sebuah SMA Swasta di kawasan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Satu angkatan kami hanya ada 3 kelas sehingga kami saling mengenal satu sama lain. Pada saat kelas 3, kami tetap dibagi tiga kelas namun sudah mengerucut menjadi jurusan yaitu Kelas IPA, IPS dan Bahasa. Saya masuk kelas IPA dan bersahabat baik dengan 4 cowok ganteng di foto ini. 

Nostalgia SMA
Bersama sahabat SMA


Seminggu sekali atau kalau tugas banyak bisa dua kali, kami bergilir untuk belajar bersama di rumah. Rata-rata rumah keempat cowok di kelompok belajar kami ini dekat dengan sekolah jadi cukup jalan kaki saja sehingga tidak menghabiskan waktu dan biaya.


Setiap ada PR atau tugas apa saja, kami berkumpul dan membahasnya. Namun lebih sering mereka bercanda dan berantem jambak-jambakkan sementara saya asyik belajar sendiri. Setelah saya selesai baru deh mereka nanya ini itu sambil menyalin. Haha. Dasar. 


Karena persahabatan itu, kadang pulang sekolah saya jalan dengan si A, besoknya dengan si B, besoknya lagi dengan si C atau si D. Cewek-cewek lainnya di kelas banyak bergosip dan satu orang diantaranya bilang ke saya kalau dia bingung sebenarnya saya pacaran dengan siapa? Saya pun tertawa ngakak. Tentu saja saya tidak pacaran dengan keempatnya. Mereka adalah teman satu kelompok belajar dan setiap pulang sekolah kami sering belajar bersama jadi wajar saja kalau saya jalan dengan salah satunya untuk menuju rumah yang kena giliran kerja kelompok.


Setelah lulus SMA saya kembali ke kampung halaman di Garut Jawa Barat. Sedih banget meninggalkan Jakarta yang menjadikan masa SMA saya begitu indahnya. Namun tak ada yang bisa saya lakukan di sana karena orang tua juga tidak mampu membiayai untuk kuliah. Saya pun malu dan nggak enak hati kalau terus menumpang hidup di rumah tante. Paman dan tante saya baik banget dan tetap meminta saya untuk tinggal. Namun perasaan nggak enak selalu muncul membuat saya tidak nyaman untuk tinggal. Maka saya pun memutuskan untuk pulang kampung. Meskipun belum tahu mau ngapain. 


Di kampung, sesekali saya berkirim kabar kepada teman-teman di Jakarta. Beberapa diantaranya sering mengirim surat. Saat itu saya sungguh rindu dengan mereka. Berat rasanya tiba-tiba kehilangan teman-teman yang kocak dan lucu ini. Sungguh saat itu saya merasakan kehilangan yang sangat.


9 bulan kemudian, takdir mengirim saya untuk merantau ke Batam. Saya bekerja di sebuah perusahaan swasta dan mendapatkan fasilitas tinggal di dormitory. Kegiatan yang sering saya lakukan adalah berkirim surat kepada teman-teman SMA ini. Ada juga ke keluarga di kampung atau sahabat pena di bagian pulau Jawa lainnya. 


Meskipun terhalang jarak dan waktu, persahabatan kami berlanjut hingga waktu yang lama. Bertahun-tahun kami bertukar sapa dan kabar dan saling merindukan satu sama lain. Jika saya pulang kampung dan mampir ke Jakarta saya sengaja bertemu mereka sekadar untuk melepas rasa rindu dengan berjalan-jalan.


Semakin hari, setelah masing-masing berkeluarga dan mengurusi kesibukan sendiri-sendiri, kami sudah jarang bertegur sapa meskipun ada dalam satu grup di whatsapp. Entah makin hari seiring ingatan memudar, kami sudah kehabisan bahan untuk diobrolkan. Lebaran tahun ini, saat hendak bersilaturahim via whatsapp, semuanya tidak sempat menjawab panggilan telpon saya. Mungkin mereka sibuk atau tidak sadar ada telpon masuk.  Meskipun demikian saya dan teman-teman masih saja saling mengingat. Semoga persahabatan kami akan terpelihara hingga kelak.









1 comment:

Ikrom Zain said...

zaman sma jalan dulu yang khas seragam cowoknya kedodoran ya mbak hehe
wah kebalikan sama saya
kalau saya teman belajarnya malaha cewek semua hehe
tapi seru aja sih pingin banget balik SMA kadang kadang