Friday, 12 June 2020

7 Lokasi Menarik di Kota Batam yang Harus Kamu Kunjungi

Sebagai salah satu kota yang pernah mengalami tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia, Kota Batam merupakan kota industri dan bisnis yang sangat penting yang cukup diperhitungkan dalam peta perekonomian Indonesia. Tingginya transaksi dan perputaran uang yang sangat cepat di kota ini membuat Bank Indonesia menempatkan diri langsung di Batam guna mengatur sirkulasi keuangan agar lebih lancar. 

Batam
Kota Batam


Beberapa tahun lalu, dimana sektor industri manufaktur, galangan kapal, oil & gas di Batam lesu dengan ditandai hengkangnya beberapa perusahaan ke negara lain hingga pertumbuhan ekonomi kota ini menyisakan angka terendah se-Indonesia, pemangku kebijakan di Batam harus berfikir keras kemana agaknya arah pembangunan dalam masa pemerintahannya akan dibawa. Hingga tercetuslah ide bahwa Batam akan di-branding sebagai kota wisata. 


Beralihnya konsep pembangunan di Batam yang semula sebagai kota industri menjadi kota wisata, tentu bukan tanpa alasan. Selama beberapa tahun berturut-turut Batam telah menjadi gerbang masuk wisatawan asing tertinggi ketiga setelah Bali dan Jakarta. Sehingga warga kota dan semua pemangku kepentingan harus bersiap menyambut peralihan ini dengan menyediakan fasilitas-fasilitas yang mendukung konsep tersebut. 


Pihak swasta pun dengan sigap menyambut perubahan konsep pembangunan di Batam dengan membuat langkah-langkah realistis seperti membangun dan membuka destinasi-destinasi wisata baru. Sedangkan pemerintah mulai berbenah dengan meperbaiki fasilitas dan destinasi wisata yang sudah ada. Sinergi yang perlahan mulai kentara sehingga di akhir tahun lalu sangat terasa bahwa gairah perekonomian di kota perlahan bangkit. Hingga pada akhirnya di tahun ini harus terjungkal kembali karena serangan virus corona. 


Sedikitnya ada 7 destinasi wisata menarik baik yang lama maupun yang baru yang sangat layak teman-teman kunjungi jika sedang transit atau mampir ke Batam. Ketujuh destinasi tersebut adalah: 

1. Jembatan Barelang 

Pembangunan Jembatan Barelang yang menghubungkan pulau-pulau di kawasan hinterland dengan Batam dimulai pada tahun 1992 dan selesai pada tahun 1997. Jembatan Barelang merupakan akronim dari ketiga pulau besar yang menghubungan jalur ini yakni Batam – Rempang dan Galang. Namun pada kenyataannya tidak hanya 3 pulau yang dihubungkan melainkan ada 6 jembatan yang menghubungkan Batam dengan 6 pulau lainnya di wilayah selatan, yakni Pulau Tonton – Nipah –Setokok – Rempang – Galang – Galang Baru.


2. Welcome To Batam 

Welcome To Batam atau warga menyingkatnya dengan sebutan WTB merupakan tulisan yang terdiri dari hurup-hurup raksasa yang diletakkan di atas Bukit Clara yang terletak di kawasan Batam Center. Tulisan ini sangat jelas terlihat dari kejauhan seperti dari pelabuhan dan dari kawasan alun-alun Engku Puteri. Bagi para pelancong, WTB ini merupakan latar foto wajib yang harus dipunyai jika berkunjung ke Batam. 


3. Masjid-Masjid yang Ikonik 

Setidaknya ada 3 masjid yang ikonik yang harus teman-teman kunjungi jika bertandang ke Batam. Yang pertama adalah Masjid Raya Batam Center. Kini namanya berubah menjadi Masjid Agung Batam Center. Bentuknya yang unik dan sangat ikonik membuat masjid ini sangat cantik untuk dijadikan latar foto. Namun tidak hanya berfoto saja, kamu juga harus masuk dan melihat langsung bagaimana suasana di dalam masjid yang sangat sejuk meskipun udara Batam terasa panas. Setelah melihat-lihat bagian dalamnya, jangan lupa untuk sekalian salat.

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah
Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Yang kedua adalah Masjid Jabal Arafah yang terletak di Jalan Imam Bonjol Nagoya Batam. Masjid ini terletak di samping Mal Nagoya Hill. Yang menarik dari keberadaan masjid Jabal Arafah ini adalah suasananya yang asri dan desain interiornya yang seperti hotel bintang 5. Toilet dan tempat wudunya juga sangat bersih dan wangi. Selain itu terdapat menara yang bisa melihat suasana Kota Batam dari ketinggian. 

Masjid ketiga yang harus kamu kunjungi saat ke Batam adalah Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah yang berada di Kecamatan Batu Aji Batam. Masjid yang diklaim sebagai masjid terluas se-Sumatera ini memiliki kubah yang besar dan megah. Selain itu menaranya juga sangat tinggi dan dapat dinaiki oleh pengunjung. 


4. Snorkeling Spot di Pulau Abang 

Pulau Abang merupakan sebuah pulau yang terletak di wilayah selatan Batam. Pulau ini berpenghuni namun lingkungan laut di sekitarnya cenderung masih bagus. Bahkan terumbu-terumbu karangnya pun relatif masih terjaga. Spot untuk snorkeling di perairan Pulau Abang merupakan salah satu spot terbaik yang ada di Batam. Kami masih bisa menjumpai ikan badut (clownfish) atau ikan nemo yang sedang bermain-main di anemon laut. 


5. Pulau Ranoh 

Pulau Ranoh
Pantai dengan pasir putih di Pulau Ranoh

Destinasi baru di Batam yang benar-benar bagus dan sangat layak kamu kunjungi adalah Pulau Ranoh. Pulau yang memiliki 1 hektar hampara pasir putih ini memiliki segudang permainan air yang dapat memuaskan siapa saja yang datang berkunjung ke sana. Bagi pengunjung yang ingin menginap, pengelola juga menyediakan tenda dengan fasilitas glamping dan juga penginapan ala hostel/dormitori. Untuk menuju lokasi, pengelola telah menyediakan kapal jemputan khusus yang dapat mengantar dan menjemput tamu dari Batam.


6. Kepri Coral

Salah satu destinasi yang sedang hype di Batam tahun 2019 lalu adalah Kepri Coral. Terletak di Pulau Pengalap Kelurahan Pulau Abang Kecamatan Galang Batam, destinasi wisata yang satu ini menyajikan pilihan berlibur yang unik yakni sea aquarium yang dapat disaksikan pengunjung langsung dari dalam laut tanpa harus menyelam atau berenang sama sekali. Kepri Coral juga memiliki restoran apung di tengah laut dan menawarkan beragam fasilitas olahraga/wahana air yang menarik dan menyenangkan. Selain memiliki pantai berpasir putih, lokasi ini juga memiliki kolam renang dan penginapan dengan konsep dome village. Semoga saja setelah pandemi berlalu, Kepri Coral akan kembali ramai oleh tamu baik yang datang dari dalam maupun luar negeri.


7. Citra Kebun Wisata Sei Lekop

Salah satu destinasi yang sempat menjadi perbincangan hangat warga Batam di akhir tahun lalu adalah Citra Kebun Wisata yang terletak di Sei Lekop Kecamatan Sagulung Batam. Yang menjadi daya tarik utama kebun ini adalah banyaknya pohon durian yang sedang berbuah lebat. Selain durian, di kebun ini terdapat juga kebun jambu madu dan rambutan. Hadirnya Citra Kebun Wisata memberikan warna serta pilihan lain kepada warga kota yang rindu dengan suasana kebun dan pedesaan yang asri. 

Nah itu dia 7 lokasi atau destinasi menarik yang harus kamu kunjungi di Kota Batam. Jangan lupa share tulisan ini jika bermanfaat.

25 comments:

Farida Pane said...

Banyak yang baru aku tahu nih destinasi wisata di Batam ternyata, ya. Terima kasih atas infonya.

Rani R Tyas said...

Wow tempat-tempat di Batam ini memang wonderfull ya! Kapan ya bisa ke sana? Pengen ke masjid-masjidnya terutama.

Andiyani Achmad said...

ternyata tempat wisata di kota Batam sangat menarik dan bervariasi, bikin pengen ke sana juga soon pasca pandemi insyaaaallah

HM Zwan said...

Eh, kita mitap di masjil Jabal Arafah kan mbk... Aku dulu sering banget kesitu, sama guru2, kadang kalo wiken habis ke Nagoya pulangnya ngadem disitu

Eryvia Maronie said...

Saya belum pernah ka Batam.
Tulisan ino bakal jadi referensi saya kalo nanti ke sana.
Ternyata tempat wisatanya Batam lumayan banyak ya.

Mugniar said...

penginapan dengan konsep dome village di Kepri Coral itu bikin penasaran. Kapan ya saya bisa ke Batam lagi ...

Liza-fathia.com said...

aku dari kapan pingin banget jalan-jalan ke batam soalnya ada family yang tinggal disana. tapi karena covid keinginan itu harus ditunda

Nurul Sufitri said...

Seru nih main ke Pulau Ranoh dll. Ajak anak2 bakalan happy deh. Aku belum pernah ke Batam. Katanya bawaannya jadi kepengen sekalian ke Singapura aja hehehe :D

Bunda Erysha (yenisovia.com) said...

Ternyata di Batam banyak tempat wisata juga ya Kak. Aku belum pernah ke Batam soalnya. Tapi ada adik yang tinggal di sana. Semoga pandeminya segera berlalu ya biar kita bisa jalan-jalan lagi dengan tenang. Amin

mardanurdin.com said...

Dari 7 destinasi wisata yang dituliskan, saya tertarik jalan-jalan ke Pulau Rano. Apalagi ada kapal jemputan khusus, jadi tak cemas kalau tiba-tiba ingin pulang.

Rach Alida Bahaweres said...

Pulau Ranohnya cakep banget mba. Jadi pengen banget bisa berkunjung ke Batam untuk nikmati segala keindahannyaa

Milda Ini said...

Terima kasih banget Mba rekomendasinya, moga nanti berkenan menuliskan perjudulnya, sebab aku butuh info buat rekomnedasi jalan2 ke Batam setelah pandemi ini

Jalan-Jalan KeNai said...

Dulu saya sempat berpikir kalau Batam tuh kurang menarik, selain buat tempat penyebrangan ke Singapore. Ya mungkin karena setiap kali ke sana, cuma buat urusan kerja. Gak pernah jalan-jalan. Ternyata banyak juga ya tempat wisata yang menarik

Ria Rochma said...

Pulau ranoh cakep bener, mbak. hamparan pasir ajah yang terlihat, cakep itu dilihat dari segi manapun. apalagi kalau ditambah dengan wahana macam-macam yang bikin betah di sana.

Lidya Fitrian said...

Kalau sudah sampai Batam sih maunya semua aku kunjungi ya apalagi baca postingan Mbak Lina yang menarik kaya Pulau Ranoh gitu

Dewi Rieka said...

Belum kesampaian main ke Batam padahal ada saudaraku di sana, semoga after pandemi bisa piknik ke Batam dan menjelajah keindahannya

Indah Nuria Savitri said...

aku tuh ngga kerasa udah 3 kaliiii lho mba ke Batam dan asliii ngga pernah bosen. Makanannya juga enaaak. Sempat mampir ke Bintan juga.

lendyagasshi said...

Batam yang indah dengan semua daya tariknya..
Apakah tempat wisata ini berbayar, kak?

Naqiyyah Syam said...

wow banyak ya destinasi di kota Batam aku belum pernah ke sana, pastinya makin seru kalau langsung ke kota Batam ya, asyik deh.

Uniek Kaswarganti said...

Batam tuh identik dengan kota industri, taunya dulu ya hanya ada pabrik-pabrik aja di sana. Ternyata banyak sekali destinasi wisata menarik yaaa... Jadi pengin bisa kapan-kapan piknik ke sini bareng keluarga.

Rahmah 'Suka Nulis' Chemist said...

Pulau Ranoh memikat hatiku nih dari fotonya
Kebayang bisa nyetok foto landscape selama di sana
Nabung ah supaya bisa kesana

Utie Adnu said...

Banyak Juga ya tempat wisata di Batam next mesti bngt kesana ya mba bisa explore foto2nya bagus2 bnget

diane said...

woww.. banyak euy pilihan destinasinya.. Semoga ada kesempatan ke batam jadi bisa berkunjung ke lokasi di list ini...

Ida Raihan said...

Batam tu seluas apa sih Mbak? Gak nyangka aku tu Batam memiliki tempat wisata seluas itu. Mantaap. Entah kapan bisa kesana.

Tian Lustiana said...

penasaran sama jembatan balerang deh, du h semoga da rezeki bisa ke Batam, aamin

Merelakan dan Berdamai dengan Diri Sendiri

Ada banyak keinginan yang berbuah kekecewaan. Ada banyak harapan yang berakhir keputusasaan. Pun ada banyak rencana yang berujung kegagalan....