Sunday, 7 June 2020

5 Hal Kreatif yang Terjadi di Masa Pandemi Corona yang Tak Terfikirkan Sebelumnya

5 Hal Kreatif di Masa pandemi Corona


Tekanan dari kondisi alam dan lingkungan kerap kali membuat seseorang berfikir kritis dan kreatif. Dan sudah sifatnya manusia bahwa jika berada dalam suatu lingkungan yang tidak mendukung. Maka ia akan berusaha untuk mencari cara agar bisa keluar dari lingkungan tersebut atau lingkungan yang akan ia paksa untuk tunduk dan berpihak kepadanya.


Kondisi pandemi corona yang menekan berbagai lini kehidupan hampir semua orang di dunia, membuat sebagian orang lainnya berfikir kreatif sehingga tetap dapat survive dan terus melanjutkan hidup. Berdamai dengan kondisi yang ada dan mencari cara agar tetap bertahan dan melanjutkan hidup dalam kondisi sulit seperti sekarang ini.


Beberapa hal kreatif yang lahir dari kondisi tekanan dari lingkungan, kini telah mewarnai keseharian kita dalam melalui masa-masa sulit ini. Sesuatu yang kemungkinan besar tidak akan terjadi jika pandemi ini tidak ada. Sesuatu yang bahkan tidak terfikirkan sebelumnya oleh kita. 


Setidaknya, ada 5 hal kreatif yang dilakukan manusia selama masa pandemi corona ini. Diantaranya adalah:


1. Penggunaan APD oleh Para Petugas Medis

Alat Pelindung diri atau APD merupakan salah satu hal yang menjadi bukti kekreatifan manusia. Agar dapat tetap menjaga pasien covid-19 dengan baik namun tidak tertular, maka para tenaga medis menggunakan APD lengkap dari ujung kepala hingga ujung kaki.


2. Face Shield

Himbauan untuk tetap menggunakan masker saaat keluar rumah ternyata memunculkan ide kreatif lainnya. Karena masker dirasa tidak cukup efektif untuk mencegah dan menangkal droplet, maka beberapa orang berinisiatif melindungia wajah secara keseluruhan dengan menggunakan face shield. Produk ini umumnya dibuat transparan dari bahan plastik atau mika sehingga si pengguna dapat melihat secara jelas. 


3. Silaturahmi dan Meeting via Online

Pelarangan kepada masyarakat untuk bersosial seperti berkerumun dan berkumpul di suatu tempat menjadikan ide-ide untuk tetap bertatap muka dan berbicara satu sama lain tetap bergulir. Tak habis akal, masyarakat mulai beralih menggunakan jalur virtual video call seperti mengobrol menggunakan aplikasi zoom, google hang out, whatsapp, facetime dan lainnya. Sesuatu yang dulu tidak pernah terbayangkan akan terjadi.


4. Transaksi Non Tunai

Berbelanja menggunakan uang tunai sudah biasa bahkan sejak orang tua kita kecil dulu. Namun karena uang merupakan benda yang sangat riskan terpapar virus, maka di masa pandemi ini, penggunaan uang tunai untuk transaksi disarankan semua pihak agar dihindari sehingga mengurangi resiko perpindahan virus dari tangan seorang carrier melalui uang hingga ke tangan orang lain. Oleh sebab itu transaksi-transaksi non tunai sangat disarankan dan sudah digalakkan bahkan sebelum covid-19 melanda Indonesia dan dunia. Kini, mulai dari pedagang kaki lima hingga gerai dan toko-toko barang mewah di mal-mal sudah banyak yang melayani transaksi non tunai ini sehingga masyarakat tidak kesulitan jika tidak membawa uang tunai sekalipun. Sesuatu yang bahkan dahulu tidak terfikirkan oleh kita. Ternyata kini bisa mengalaminya.


5. Work From Home

Hal kreatif lainnya yang lahir dari kondisi pandemi ini adalah kegiatan Work From Home alias WFH. Bagi sebagian besar pegawai baik yang bekerja di pemerintahan, di perusahaan BUMN maupun swasta, sudah banyak yang terkena pemberlakuan WFH guna mencegah penyebaran covid-19 di lingkungan kerja. Hal ini tentu saja merupakan hal kreatif yang bahkan tidak pernah terfikirkan secara masif sejak dulu. Kita membayangkannya seperti tidak mungkin hal tersebut terjadi kecuali bagi mereka karyawan-karyawan google atau facebook. Namun ternyata banyak bidang lainnya yang juga bisa dilakukan secara online dari rumah, tanpa harus terjebak macet, tanpa harus mengantri di stasiun MRT dan tanpa harus berangkat ke kantor. So, bagi saya ide WFH ini termasuk hal yang keren menururt saya. 


Nah itulah 5 hal yang menurut saya sangat kreatif yang terjadi di masa pandemi ini. Sebenarnya masih banyak hal lainnya, namun secara garis besar yang saya highlight hanya lima tersebut di atas. Btw, kamu bagian dari nomor berapa?


No comments: