Pentingnya Hidup Bersaing dan Punya Pesaing

Sejak sekolah baik SD, SMP, SMA maupun masa kuliah, saya tidak pernah merasa tertantang menjalani kegiatan belajar tanpa adanya persaingan. Bersaing dengan teman sekelas atau satu angkatan guna memperoleh nilai dan angka-angka pelajaran adalah hal yang menyenangkan dan selalu menggairahkan.



Persaingan menurut saya sangat penting agar seseorang mampu berkembang lebih baik. Bisa berusaha keras lagi supaya apa yang dia inginkan dapat tercapai. Bersaing dengan menjadikan kesuksesan seseorang sebagai target pencapaian tentu bukanlah sebuah aib. Banyak orang yang bangkit dari keterpurukan karena merasa ada saingan dan tertantang untuk mengalahkan saingan.

Banyak perusahaan besar di dunia yang lahir dari persaingan. Banyak orang besar di dunia terlahir melalui persaingan dalam dunia politik, ekonomi, sosial dan lainnya. Bahkan bukankah manusia itu sendiri sejak pertma kali diciptakan dari sel sperma laki-laki adalah dengan mengalahkan sel-sel para pesaingnya? Manusia yang lahir ke dunia adalah para pemenang. Maka bersaing untuk menjadi yang terbaik dan menjadi pemenang adalah fitrah manusia.

Dalam dunia usaha, persaingan sangatlah wajar. Persaingan usaha yang baik dan sehat dapat menimbulkan dampak positif bagi perekonomian masyarakat dan juga negara. Selain itu persaingan usaha dapat memberikan stimulus produktifitas ke dalam suatu perusahaan sehingga dapat mengembangkan berbagai temuan dan inovasi sehingga diperoleh barang dengan kualitas terbaik. Begitupun harga yang diciptakan akan lebih kondusif dan kompetitif. 

Persaingan juga membuat konsumen jadi mempunyai banyak pilihan dan alternatif dalam membeli suatu barang. Bisa mendapatkan kualitas terbaik dan juga harga terbaik. Begitu juga sebaliknya bagi para produsen akan menghasilkan barang yang selalu berpatokan pada kualitas terbaik yang akan memuaskan para pelanggan.

Dari sisi sumber daya manusia, persaingan akan menghasilkan SDM SDM yang mumpuni dan menguasai di bidangnya. Perusahaan, organisasi dan juga institusi akan mempunyai pegawai-pegawai yang kredibel dan cakap dalam bidangnya. Sehingga segala sesuatu akan ditangani secara baik dan profesional karena orang yang dipilih adalah orang-orang yang terbaik.

Di bidang olahraga, persaingan telah mencetak atlit-atlit dunia yang sangat berprestasi. Dari cabang olahraga apapun telah mencetak atlit terbaik dari setiap kompetisi yang digelar seperti olympiade dan kejuaran-kejuaraan internasional lainnya. Nama Indonesia pun telah berkali-kali diharumkan oleh para atlit nasional yang memenangkan berbagai perhargaan dalam cabang olahraga.

Dari bidang kebersihan dan lingkungan, berbagai award atau pernghargaan adalah sebuah stimulus dalam mendorong sebuah lembaga/institusi atau wilayah dan juga perorangan bersaing mendapatkan yang terbaik. Penghargaan seperti Kalpataru merupakan contoh award dari hasil persaingan di bidang lingkungan.

Persaingan di bidang ilmu pengetahuan akan menghasilkan teknologi yang maju. Smartphone yang kita pegang sekarang adalah sebuah produk yang lahir dari persaingan global. Persaingan perusahaan-perusahaan teknologi yang menciptakan alat komunikasi yang lebih smart.

Intinya bahwa persaingan sangat diperlukan dalam kehidupan ini sehingga manusia-manusia modern selalu berfikir dan berusaha untuk lebih maju dan lebih baik lagi. Sehingga tercipta sebuah kehidupan yang dalam berbagai hal merupakan puncak dari kecerdasan dan kepintaran manusia sebagai makhluk ciptaan Allah SWT.



Comments