Asyiknya Siaran Menggunakan Podcast

Sudah lama saya mengetahui tentang podcast ini. Sewaktu kursus Bahasa Inggris dulu, saya biasa mengunduh beberapa podcast percakapan berbahasa Inggris dan mendengarkannya berkali-kali demi mengasah kemampuan hearing dan listening saya. Namun karena waktu itu handphone belum mendukung, dan minat belum terlalu kuat, maka saya pun tidak terlalu ingin membuat podcast.



Tertantang oleh tema ODOP Komunitas ISB hari ini tentang podcast, maka saya mulai mencari-cari cara bagaimana membuat podcast tersebut. Karena aplikasi yang populer sejak dulu dan saya kenal adalah soundcloud, maka saya pun mendaftar akun baru di soundcloud. Saya Pede saja akan langsung diterima. Namun ternyata salah besar. Berkali-kali memasukkan alamat email yang berbeda dan ganti-ganti browser agar supaya diterima pendaftaran kali ini, tetap saja tidak bisa. Duh frustasi.

Saya mendaftar menggunakan laptop. Sudah berganti dari chrome ke mozilla dan ganti email juga tetap pendafatar tidak berhasil. Email saya disangka oleh robot soundcloud sebagai spam. Duh gimana sih belum saja kita kenal sudah dianggap penjahat. Tega banget kamu ih. #drama

Ada satu langakah lagi yang belum saya coba. Daftar pakai handphone atau smartphone. Biasanya kalau pakai HP semua masalah sering segera teratasi. Dan baru nyoba sekali dua kali ternyata Alhamdulillah sudah berhasil. Ngetes langsung siaran walaupun tidak pakai backsound musik. Gpp namanya juga awalan ya. Sebagai pemula saya bangga bisa nggak ngulang walaupun di beebrapa kalimat ada yang lambat dan lupa haha. Lumayan deh buat pemula mah.

Inilah podcast perdana saya yang membahas tentang Pembukaan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Batam yang diselenggarakan pada 20 September 2019 kemarin.




Nah itu podcast pertama saya jangan lupa mendengarkan dan follow ya. mana tahu kesukaan saya jadi penyiar radio bisa tercapai sekarang haha. Saya mau rajin-rajin rekaman ah mumpung sudah tahu caranya.

Bahagia banget nemu cara ini kok baru kali ini ya nyobain ih sebel banget. Bismillah saya mulai mengudara. 😃

Comments