5 Keistimewaan Bung Hatta Sosok Pahlawan Inspiratif Bangsa Indonesia

Semasa SMA, saya rajin mengunjungi perpustakaan. Setiap jam istirahat, setelah makan di kantin saya selalu menyempatkan diri untuk membaca buku di perpustakaan. Meskipun kadang bacaannya membosankan, namun sekuat tenaga terus membaca sampai bel masuk berbunyi. Meskipun kadang terkantuk-kantuk saat membacanya. 

Buku sejarah dan biografi adalah dua tema buku bacaan yang saat itu saya sukai. Buku biografi yang tamat saya baca dari awal sampai akhir adalah buku biografi Bapak Proklamator Indonesia Muhammad Hatta. Selalu kagum  dengan sosok pahlawan satu ini. Keluasan ilmunya, kefasihan diplomasinya, kekuatan akan prinsip-prinsip yang ia pegang teguh dalam hidupnya, sungguh menjadi teladan yang patut ditiru oleh segenap warga negara Indonesia ini.



Setidaknya ada 5 hal dari kepribadian Mohammad Hatta yang membuat saya sangat kagum dan menaruh hormat luar biasa. Apa saja? Yuk baca di tulisan di bawah ini!

1.   Sebagai Bapak proklamator Bangsa
Bersama Ir. Soekarno, beliau merupakan Bapak Proklamator Kemerdekaan Bangsa Indonesia. Perannya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia secara diplomatis dari penjajahan Belanda sangat berpengaruh besar sehingga beberapa perundingan berhasil ia pimpin dan membawa keuntungan yang besar bagi bangsa Indonesia. Bersama Ir. Soekarno, beliau menjadi salah satu anggota BPUPKI yang menjadi cikal bakal terciptanya kemerdekaan Negara Indonesia.

2.   Komitmen yang tinggi pada demokrasi di Indonesia
Mohammad Hatta yang mempunyai nama lahir Mohammad Athar ini adalah sosok yang sangat berkomitmen terhadap demokrasi di Indonesia. Beliaulah yang mengeluarkan Maklumat X yang menjadi tonggak awal demokrasi Indonesia. Maklumat ini yang mendorong pembentukan partai-partai politik sebagai bagian dari demokrasi dan dikeluarkan untuk persiapan rencana penyelenggaraan pemilu. Dengan demikian,  Maklumat yang dikeluarkan pada 3 November 1945 ini dapat disebut sebagai tonggak awal terbentuknya demokrasi di Indonesia.

3.   Pemikir di Bidang Ekonomi sehinga dijuluki Bapak Koperasi
Di bidang ekonomi, pemikiran dan sumbangsih beliau terhadap perekonomian khususnya perkembangan koperasi membuat ia dijuluki sebagai Bapak Koperasi. Ia memikirkan bagaimana usaha-usaha kecil dapat berkembang dan memiliki daya jual tinggi sehingga disalurkan melalui koperasi-koperasi yang nantinya akan membangun perekonomian Indonesia dari bawah.

4.   Pencinta Buku
Pada saat beliau dibuang Belanda ke Digul Papua karena berurusan dengan masalah politik, beliau membawa serta semua buku-bukunya. Begitupun saat dipindahkan dari Digul ke Banda Neira, buku-buku itu turut menemaninya ke pengasingan.

  5. Disiplin dalam segala aspek
     Sejak kecil, Hatta selalu disiplin. Bahkan hingga dewasa dan menjadi seorang perdana menteri. Salah satu contohnya adalah ia sangat disiplin terhadap penggunaan kendaraan dinas. Sewaktu akan menjemput ibunya saja Hatta menyuruh saudaranya untuk menyewa mobil bukan menggunakan mobil dinasnya. Beliau bilang kalau mobil itu adalah mobil negara, jadi tidak patut untuk digunakan bagi kepentingan pribadi.

Sebenarnya masih banyak sisi positif yang saya kagumi dari beliau. Namun saya lupa detailnya dan takut salah maklum sudah lama tidak membaca kembali biografinya. Ada banyak teladan yang dapt kita petik dari seorang Hatta. Keikhlasan dan kesungguhannya dalam berjuang perlahan kita nikmati sekarang. Semoga saja kita sebagai warga negara yang baik dapat mengambil pelajaran dari nilai-nilai kepahlawanan Mohammad Hatta.





Comments

Hanila Hussein said…
Luar biasa ya....
Semua hal positive itu patutlah kita teladani.