Hal yang Saya Lakukan di Hari Libur

Dalam sepekan, saya libur hari kerja pada Sabtu dan Ahad. Tapi terkadang hari Sabtu sering lembur jadi tetap biasanya saya hitung masuk kerja saja. Nah kalau Ahad memang selalu libur dan bisa beristirahat di rumah. Namun, bagi ibu rumah tangga yang juga bekerja seperti saya, hari Ahad sepertinya sama saja dengan hari kerja. Yang membedakan kalau Senin - Sabtu kerja di kantor, kalau hari Ahad kerja di rumah.


Kalau sedang rajin berolahraga, jam 6 pagi saya sudah gowes sepedaan menyusuri jalanan sekitar perumahan. Cukup 1 jam saja sekitar 11 kilometer. Kalau ingin jauh, saya gowes ke kawasan Barelang, dimana bisa menyebrang melalui jembatan dari pulau ke pulau. Saya biasanya menggunakan aplikasi Endomondo untuk mengukur jarak dan waktu bersepeda.

Sepulang bersepeda, lanjut merendam pakaian yang kami tabung selama sepekan. Bayangkan saja, pakaian 3 orang dari Senin hingga Sabtu dicuci sekaligus pada hari libur. Jemuran baju sudah mirip dengan pasar seken. Halaman penuh dengan pakaian yang bergelantungan. 

Sambil menunggu rendaman, saya menyapu dan kalau sedang rajin dan ingat, saya mengepel lantai. Kalau tidak ingat ya lewat begitu saja.

Kalau tidak sepedaan, biasanya kami belanja ke pasar terdekat dengan rumah. Belanja lauk untuk keperluan satu minggu. Yang biasa dibeli bawang merah, bawang putih, cabe merah, sayur 2 atau 3 jenis, tempe, ayam, dan kadang daging sapi. Sekali belanja sekitar 100 - 150 ribu rupiah. Lebih hemat dibanding harus belanja bolak-balik ke warung.

Meskipun menyuci menggunakan mesin cuci, tetap saja waktu yang digunakan cukup lama. Dari merendam, membilas hingga mengeringkan. Selesai menyuci lalu menjemur dan biasanya baru selesai jam 12 siang. Lanjut masak dan jam 1 siang makan siang bersama.  

Selesai makan siang, lanjut angkatin jemuran yang kering, lalu menyetrika hingga magrib. Maghrib stop nyetrika, karena maghrib sampai isa waktunya mengaji bersama Chila. Setiap malam kami menghafal surat Al Kahfi, lalu mengetes hafalan Chila. 

Selepas sholat isa, saya kembali menyetrika sambil nonton televisi. Kadang kalau sedang rajin, malam itu saya sempatkan menulis blog. Namun seringnya malah absen karena keasyikan nonton film atau menyelesaikan setrikaana yang menggunung.

Begitulah kegiatan hari libur saya di rumah. Namun hal-hal di atas akan sama sekali berbeda jika saya bepergian menghadiri acara ke suatu tempat. Jadwal menyuci biasanya dimajukan ke Sabtu sore dan menyetrika ke Senin pagi.




 

Comments