5 Tips Hidup Sehat Versi Saya

Kesehatan adalah salah satu modal utama dalam menjalani kehidupan yang normal. Banyak orang sakit yang pada akhirnya menyesal kenapa tidak menjaga kesehatan sedari awal. Ya, menyesal memang belakangan datangnya. Dan bagi kita yang sedang sehat-sehat saja, waspada tentu saja harus. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Bukaaaan. 😂



Bagi saya dan keluarga, kesehatan tentu menjadi salah satu prioritas utama. Dan akhir-akhir ini, sedikit demi sedikit kami telah melakukan beberapa hal yang bisa dikatakan sebagai salah satu usaha untuk menjaga hidup agar tetap sehat. Saya juga pernah menuliskan beberapa tips sehat di tulisan sebelumnya yang berjudul 5 Tips Menjaga Kesehatan di Usia Menjelang 40 Tahun.

Nah tips kali ini tidak akan jauh dari 5 tips yang pernah saya tuliskan sebelumnya, karena memang baru 5 hal tersebut yang mampu kami jalani.


Berikut 5 Tips Hidup Sehat Versi Saya:


1. Tidur yang Cukup
Tidur cukup merupakan salah satu faktor menjaga kesehatan yang penting bagi saya. Banyak hutang blog walking, banyak PR tulisan blog yang belum selesai, kerjaan rumah yang nggak kelar-kelar, kadang sering membuat tidur saya telat. Tidur lewat dari jam 12 malam. Pernah juga baru tidur jam 3 pagi lalu bangun jam 5 subuh. Akibat atau efeknya langsung terasa pada keesokan harinya. Kurang tidur kerap membuat saya terserang pilek dan sakit kepala. Dan memang telah terbukti dalam berbagai penelitian, kurang tidur menyebabkan tubuh seseorang rentan terhadap berbagai serangan penyakit karena sistem kekebalan tubuh yang berkurang. Selain itu kurang tidur membuat saya mudah lupa. Karena hal-hal di atas, saya sudah mulai mendisiplinkan diri untuk tidur tepat waktu. Di bawah pukul 12 malam. 


2. Menjaga Pola Makan
Memperbanyak konsumsi sayur dan buah dapat menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai serangan virus dan bakteri patogen yang masuk ke dalam tubuh. Sayur dan buah juga terbukti dapat membunuh sel-sel kanker yang berkembang di dalam tubuh. Oleh sebab itu pada setiap menu yang saya masak selalu mengusahakan setidak terdapat satu jenis sayur yang dimasak. Meskipun kadang butuh perjuangan ekstra untuk membujuk Chila makan sayur.


3. Berolahraga

Dikutip dari alodokter.com penelitian menunjukkan bahwa berjalan cepat selama 1-2 jam per minggu atau sekitar 15-20 menit per hari akan menurunkan risiko berbagai penyakit. Jadi tidak rugi berolahraga demi menjaga hidup sehat. Saya pelan-pelan sudah mulai berolahraga sepeda sejak 3 tahun terakhir, walaupun seringnya malas apalagi kalau hari sudah hujan. 😃 Semenjak rajin bersepeda setidaknya seminggu sekali, badan terasa segar dan tidak mudah ngantuk saat bekerja.


4. Puasa Senin Kamis
Puasa Senin Kamis sangat baik untuk kesehatan otak, jantung, lambung, hati dan ginjal. Selain itu puasa senin kamis juga merupakan proses detoksifikasi dimana lemak tubuh akan membakar racun-racun yang berbahaya bagi tubuh. Kalau rutin dilakukan, puasa Senin Kamis juga dapat menjaga berat badan tubuh tetap ideal.


5. Mengkonsumsi Lemon dan Madu


Sudah hampir setahun terakhir saya membiasakan diri mengkonsumsi lemon dan madu. Kalau madu biasanya cepat habis karena tidak menyetok banyak-banyak, lain halnya dengan lemon. Selalu ada stok karena kalau habis tinggal pergi ke warung terdekat. Manfaatnya sangat terasa, saya jadi tidak mudah terkena pilek saat di lingkungan sekitar teman-teman dan keluarga terserang virus influenza.


Nah itu saja tips menjaga kesehatan versi saya. Apakah teman-teman juga punya tips selain ini? Share yuk!

Comments

myHome said…
terima kasih teh buat tipsnya, hampir semuanya tidak saya lakukan... :(
Juli Yastuti said…
Olahraga ini lho teehh..
Selama ini olahraganya angkat berat (gendong anak)....
menix news said…
Yang paling sulit adalah nomor 3... Duh ya ampun kapan lah bisa berolahraga teratur... Malas aja digedein... 😁
danan wahyu said…
aku skrg mulai puasa lagi teh , puasa abi daud semakin tua metabolisme semakin melambat dan sepertinya puasa wajib selain utk ibdah pastinga untuk kesehatan
Susah banget tuh puasa Senin dan Kamis tapi pengen nyoba puasa kagak sanggup lagi haha
Ina Fatah said…
puasa senin kamis blm sy jalani
mau nyobalah
biar tuk kesehatan lambung jg
klu olahraga meski ringan udah
minum air lemon udah
cuma madu krn ga terlalu suka manis ya ga sering