5 Hal yang Ingin Saya Lakukan di Tahun 2019


Tahun 2019 tinggal menghitung hari. Berbagai resolusi mulai membanjiri linimasa media sosial. Berbagai rencana dan strategi menghadapi tahun 2019 telah dirancang secara gamblang bagai butir undang-undang. Ada yang tentang sebuah pencapaian karier, pendidikan, percintaan, atau bahkan sekelas menurunkan dan menaikkan berat badan. 


Saya menuliskan resolusi di sini saja. Agar supaya tidak tenggelam oleh masa. Agar bisa dibaca kembali saat-saat terlupa dan salah arah. Semoga saja apa yang dijadikan resolusi tahun 2019 akan tercapai semua.


5 Resolusi saya di tahun 2019


1. Umroh
Ini rencana sudah cukup lama. Namun hanya sekedar berangan-angan saja, tidak berani bertindak. Namun sekarang saya sudah berniat kuat. Semoga tahun depan bisa berangkat umroh, mengunjungi tanah suci.  


2. Pulang Kampung
Ini resolusi atau apa sih? Eh serius memang ini yang sudah saya harap-harapkan sejak lama. Bisa pulang kampung. Lebaran tahun lalu, saya dan keluarga tidak pulang kampung karena berbagai hal. Pertama saya tidak punya cuti dan kedua, budget pulang kampung yang pas-pasan. Kalau diukur materi, pulang kampung dari Batam ke Depok dan ke Garut itu sangat menguras kantong. Duh nggak kebayang yang tinggal lebih jauh lagi dari saya. Makanya setiap lebaran selalu dilema antara pulang kampung dengan menabung. Karena sekali pulang kampung saja bisa menghabiskan belasan juta rupiah bahkan lebih. Dan untuk keluarga kecil kami, rupiah segitu ternyata masih sangat besar nilainya. Namun kalau hanya menilai dari materinya saja, ya kapan pualng kampungnya, sedangkan hidup bergulir terus. Bersilaturahim dengan sanak saudara itu alangkah mulianya.  


3. Merenovasi Rumah
Alhamdulillah tahun ini sedikit demi sedikit rumah sudah direnovasi. Tinggal memoles beberapa lagi yang belum selesai. Maka tahun depan, maunya mencoba nabung dan langsung renovasi beberapa ruangan yang belum rapi seperti kamar dan dapur.


4. Investasi
Sejak kuliah, saya mulai berfikir untuk berinvestasi saham dan sejenisnya. Namun karena waktu dan ilmunya masih kurang, jadi belum berani keluar dari zona aman. Sepertinya, kalau begitu terus kapan saya akan berkembang? Belasan tahun hanya terkurung rasa takut dan khawatir. Tahun depan saatnya mengembangkan sayap lebih lebar lagi.


5. Belajar Menjadi Programmer
Alhamdulillah saya menemukan komunitas yang keren seperti komunitas Coder Java Script yang dengan suka rela mau membantu, membimbing, dan mengarahkan para juniornya untuk belajar lebih dalam lagi. Karena sikap tulus berbagi ilmu mereka, maka saya pun jadi semangat untuk belajar ilmu programming. Berkutat dengan kode-kode html, CSS dan Java Script. Alhamdulillah tahun depan dalam beberapa bulan, kami masih akan dibimbing dan diarahkan sampai bisa.


Nah itu 5 hal yang ingin saya lakukan di tahun 2019. Kalau teman-teman apa saja? Yuk share!

Comments