10 Lagu Favorit yang Ada di Playlist


Akhir-akhir ini, saya sudah jarang mendengarkan musik. Bahkan sering ketinggalan info lagu atau musik apa saja yang sedang nge-hits. Selain tidak ada waktu untuk mendengarkannya, saya memang sudah mengurangi dengan alasan bahwa hukum musik masih banyak diperdebatkan. Ada yang bilang haram, ada yang bilang boleh dengan syarat dan ketentuan. Nah jika seperti ini, biasanya sebisa mungkin lebih baik meninggalkannya. Atau lebih sedikit menggunakan/mendengarkannya. Tergantung seberapa penting dan keharusan untuk mendengarkan.

Jika harus menulis 10 lagu/musik apa yang ada di playlist, jujur saya bingung. Bahkan di handphone saya tidak ada aplikasi musik sama sekali. Tidak ada satu pun lagu yang saya simpan dan koleksi. Namun bolehlah mengenang dulu, saya pernah menyimpan dan menyukai lagu apa saja, sebagai catatan “pernah” suka musik banget. Kalau sekarang ya suka saja nggak pakai banget. Hehe. Berikut daftarnya:

1. Rasululloh - The Zikr


Nasyid ini liriknya indah dan menyentuh. Pertama kali mendengar saja saya langsung sedih dan saat mendengarkannya kembali air mata tiba-tiba saja bercucuran. Rindu sekali kepada beliau. Dan syair dalam nasyid ini betapa mewakili perasaan saya dan mungkin semua kaum muslim di dunia. Teman-teman wajib tahu deh liriknya. Dan coba dengarkan hanya untuk sedikit merasakan getaran rindu kepada baginda.


Rasulullah dalam mengenangmu
Kami susuri lembaran syirahmu
Pahit getir perjuanganmu
Membawa cahaya kebenaran

Engkau taburkan pengorbananmu
Untuk umatmu yang tercinta 
Biar terpaksa tempuh derita
Tegarnya hatimu menempuh ranjaunya

Tak terjangkau tinggi pekertimu
Tidak tergambar indahnya akhlakmu
Tidak terbalas segala jasamu
Sesungguhnya engkau Rasul mulia

Tabahkan hatimu menempuh dugaan
Mengejar erti kesabaran
Menjulang panji kemenangan
Terukir namamu di dalam Al Quran

Rasulullah kami umatmu
Walau tak pernah melihat wajahmu
Kami cuba mengingatimu
Dan kami cuba mengamal sunnahmu

Kami sambung perjuanganmu
Walau kami dicaci dihina
Tapi kami tak pernah kecewa
Allah dan Rasul sebagai pembela

Kemarin-kemarin, saya rindu mendengarkan nasyid ini kembali, saat berulang-ulang diputar, Chila juga menjadi suka.


2. Teman Sejati - The Brothers
Awalnya saya tidak suka nasyid-nasyid dari The Brothers ini. Namun seorang teman saya memutarkan nasyid-nasyid grup vokal ini full satu album saat mendaki gunung. Dari awal hingga akhir dari bawah sampai ke puncak. Dari sebel lama-lama kok jadi hafal semua liriknya dan mampu menirukan iramanya. Halah. Akhirnya saya malah suka. Ya, lau teman sejati ini sepertinya memang sengaja ia putarkan untuk saya yang waktu itu diharapkan jati teman sejatinya. Haha.

Selama ini ku mencari-cari
Teman yang sejati
Buat menemani
Perjuangan suci
Bersyukur kini pada-Mu Ilahi
Teman yang di cari selama ini
Telah ku temui

Awww...manis banget kan ya liriknya kalau itu dinyanyikan seorang laki-laki untuk perempuan. Sayang sih kami memang tidak berjodoh.


3. Hampa - Ari Lasso
Ini lagu saya saat patah hati banget. Diputar dan diputar sambil berurai air mata. Wkwkwk. Duh ya ampuun ini masa-masa saya galau berat dan masa-masa pendewasaan ini. Salah banget sih ya dulu, lagi galau malah mendengarkan lagu harusnya mendengarkan nasyid atau murotal Al Qur'an biar jiwa tenang. Ini malah bikin hancur.


4. Restu Bumi - Dewa 19
Saya suka sekali dengan lagu ini. Karena ini lagu kenangan banget bersama teman-teman sewaktu SMA dimana da temu remaja nasional se-Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah. Saya dan teman-teman membuat sebuah penampilan di atas pangung diiringi lagu ini.


5. Terlalu Manis - Slank
Kalau diingat-ingat, ini lagu kenangan banget. Lagu manis yang selalu meniringi saya dan teman-teman bergitaran hingga tengah malam sewaktu kemping di hutan atau di pulau-pulau di sekitar Batam. Rasanya masa muda saya itu bahagia banget. 

6. Forever and One - Helloween
Ini lagu termasuk dalam list paling saya sukai. Lagu wajib saat kami ngumpul bersama teman-teman anak Bandung yang jago nyanyi dan main gitar. Bahkan sampai saat ini, jika kami reuni, yang dibahas dan diputar ya lagu ini terus. Berikut beberapa bait liriknya: 

What can I do?
Will I be getting through?
Now that I must try
To leave it all behind

Did you see
What you have done to me
So hard to justify
Slowly is passing by

Forever and one
I will miss you
However, I kiss you
Yet again

Way down in Neverland
So hard I was trying
Tomorrow I'll still be crying
How could you hide
Your lies, your lies
Hayooo siapa yang hafal lagu ini? Berarti usianya sudah ada di 35 tahun ke atas. Hehe.


7. Wild World - Mr. Big

Lagu ini sangat enak didengar dan mudah untuk dihafalkan. Biasanya kalau pulang kerja, saya baring-baring di kamar dan menyetel musik dari Mr. Big ini. Satu album bahkan saya putar semua. Lagu ini juga sering kami jadikan lagu wajib saat kumpul-kumpul bersama teman-teman di komunitas Pecinta Alam.


8. Jika Itu yang Terbaik - Ungu

Lagu ini masih terngiang hingga sekarang. Padahal saya pelupa namun dengan lagu yang satu ini masih saja ingat. Suatu malam, di atas puncak gunung Sinabung di dalam tenda saya sendirian. Di luar tenda, anak-anak remaja berkumpul main gitar dan menyanyikan lagu ini. Saat itu saya baru saja jomblo. Mendengar lagu tersebut tiba-tiba ada yang menetes dari sudut mata.

Jika itu memang terbaik, untuk dirimu
Walau berat untukku, berpisah denganmu
Hapus sudah air matamu, aku mengerti
Ini bukan maumu, ini bukan inginmu


9. Ya Habibal Qolbi – Sabyan Gambus
Awal menyukai musik sholawatan ini dari Chila. Yang tiba-tiba sudah download lagunya dari youtube. Lama-lama ditonton dan didengerin, kok enak juga ya. Jadi ya sering diputar kalau lagi masak. Menemani daripada sepi.


10. Karena Su Sayang – Dian Sorowea
Lagu ini rending di youtube beberapa waktu lalu. Banyak yang meng-cover lagu “Karena Su Sayang” ini termasuk Via Valen. Suka dengan suara Dian yang bening banget. Jernih terdengar ke telinga. Malah tanpa disadari saya suka bersenandung lagu ini sampai-sampai Chila komplain, “Bunda ini nyanyi lagu itu terus.” Tapi setelah saya kasih lihat video seorang anak seumuran diamenyanyikan lagu tersebut, Chila jadi bilang “Oooh.”


Nah itu saja 10 lagu yang pernah nyangkut di playlist saya. Teman-teman juga punya? apa saja?








Comments