5 Tema Blog yang Paling Saya Sukai


Sebelum blog ini lahir, saya sudah mempunyai blog yang ber-niche travel & adventure yaitu blog linasasmita.com. Tulisan-tulisan yang tayang di blog tersebut terbilang selektif sehingga hanya menayangkan blog post yang berhubungan dengan tema traveling dan adventure saja. Kalaupun ada tema yang melenceng sedikit, tetap saja awal dan ujungnya dibelokkan ke tema blog lagi yaitu travel. Tak heran saya sering menolak tawaran job yang tidak sesuai tema. Padahal sebenarnya butuh, namun bagaimana lagi kalau tidak match dengan niche blog malah nanti kesannya kok saya aji mumpung ya.  

Jadi, waktu itu saya masih cukup idealis. Namun belakangan, perlahan idealisme ngeblog mulai mengendur seiring banyaknya kebutuhan dan keperluan mendadak yang notabene memerlukan kucuran rupiah. Satu dua tiga tulisan di blog lama tersebut akhirnya melenceng dari jalurnya. Hehehe. Akhirnya, idealismenya luntur dan mengendur. nah untuk tetap menjaga blog yang lama berada pada jalurnya, maka saya membuat blog baru yaitu blog ini dengan tema di luar travel. Mungkin nanti tema blog bundachila.com ini akan mengarah ke lifestyle dan parenting.

Bicara tentang tema blog, saya paling suka baca-baca blog yang bertema adventure atau petualangan. Selain itu saya menyukai tulisan blog yang bertema religi, fotografi, kuliner dan parenting. Kenapa saya menyukai tema-tema tersebut? Alasannya bisa teman-teman baca di bawah ini.


1. Adventure

Sudah lama saya menyukai dunia adventure atau petualangan seperti mendaki gunung, kemping, jelajah hutan, susur sungai, susur pantai, jelajah pulau dan kegiatan yang berhubungan dengan alam bebas. Maka ketika menemukan tulisan-tulisan yang berhubungan dengan ini, saya kerap mampir dan membacanya baik-baik. Kalau sudah membaca pengalaman orang lain dalam melakukan petualangan, saya sering terhanyut dan merasakan gairah petualangan dalam diri saya meluap-luap. Kalau sudah begitu, tak bisa menahan jari-jemari untuk aktif berburu tiket pesawat. 


2. Religi 

Saya menyukai tema ini karena banyak kandungan ilmu yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja tentang masalah fiqih termasuk di dalamnya bab-bab mengenai thoharoh, istinja, sholat, puasa, dan praktik ibadah-ibadah lainya. Blog walking ke blog teman-teman yang bertema religi itu mengayakan, sekaligus bisa mendapatkan pahala menuntut ilmu agama.


3. Fotografi

Sejak kecil saya selalu penasaran dengan urusan kamera. Dan pernah bermimpi menjadi seorang fotografer profesional. Saya pun menabung dan sengaja membeli kamera yang pro agar lebih serius lagi belajar fotografi. Maka saat berselancar dan menemukan blog atau website yang bertema fotografi, saya jadi betah dan berlama-lama di blog tersebut. Karena dari sana, saya jadi mengetahui bagaimana melakukan setting kamera dan belajar beberapa teknik fotografi yang benar.


4. Kuliner

Tuntutan menjadi seorang istri dan ibu salah satunya harus bisa masak. Terkadang saya sering mentok tidak ada ide mau masak apa hari ini. Maka larinya adalah ke google dan menemukan beragam resep yang sebenarnya sederhana namun tidak pernah terfikirkan. Namun selain googling, saya lebih suka membaca blog teman-teman blogger yang bertema kuliner. Maka saat blog walking ke blog mereka seringnya malah untuk screen shot atau mengambil bolpen untuk menyalin ulang resep. ketika saya praktekan dan berhasil, Chila dan ayahnya selalu suka dan exciting banget. Alhamdulillah senang rasanya kan Bund kalau masakan kita diapresiasi? Jadi pesan saya untuk bunda-bunda food blogger, keep writing and share. Tulisan teman-teman pasti ada manfa'atnya bagi orang lain seperti saya ini. 



5. Parenting

Mempunyai seorang anak perempuan yang beranjak besar dan hanya anak satu-satunya, kerap membuat saya waswas apakah sudah mendidiknya dengan benar dan membuatnya bahagia memiliki ibu seperti saya atau malah saya menjerumuskannya ke dalam sebuah pola asuh yang salah misalnya saja dengan memfasilitasinya dengan berbagai hal (benda) yang diinginkannya. Dan tatkala saya blog walking dan menemukan ide serta nasihat para mom blogger tentang pola asuh anak-anak mereka, di situ saya merasa terbantu dan berterima kasih.


Nah, kalau teman-teman menyukai tema apa saja? Share yuk!

Comments