5 Alasan Kenapa Saya Menulis di Blog



Pertama kali saya mengetahui aktifitas ngeblog tahun 2005. Waktu itu situs multiply.com sedang naik daun dan mulai digemari oleh kalangan blogger pemula yang masih dalam tahap belajar seperti saya. Semenjak itu, semakin hari kegiatan menulis di blog semakin mengasyikan dan bahkan menjadi candu. 


Beralih dari Multiply karena situsnya ditutup, saya membuat blog di blogspot.com dan beberapa tahun setelahnya membeli domain sendiri agar menjaga semangat nge-blog supaya tidak luntur. Karena dengan domain sendiri ada rasa tanggung jawab yang harus dipenuhi sehingga mau tidak mau tetap harus ngeblog.

Lalu kenapa saya hingga sekarang masih saja suka ngeblog padahal hobby ini sudah dijalani sekitar 13 tahun yang lalu? Berikut 5 alasan kenapa saya masih setia menulis di blog:


1.  Karena Saya Suka Menulis

Semenjak sekolah menengah pertama, saya sudah mulai menyukai dunia tulis menulis. Saya dan teman-teman sekelas biasa tukar-tukaran buku diary & agenda dengan mengisi kata-kata mutiara, alamat, pesan dan kesan, atau apapun yang ingin kami tulis untuk si empunya diary. Lama-kelamaan kegiatan itu jadi kebiasaan.

Kebiasaan menuangkan ide, pendapat, unek-unek, kesedihan, kemarahan, atau apapun yang menurut hati dan fikiran menarik untuk ditulis, semakin hari semakin bertambah asyik. Lalu ketika mulai mengenal blog, maka isi diary beralih ke sana. Seperti menemukan buku yang hilang, maka di sanalah semua aktifitas menulis diary berlanjut.


2. Karena Saya Tukang Jalan

Ada begitu banyak kisah perjalanan yang menurut saya sayang kalau tidak dicatat dan diabadikan melalui tulisan. Kisah pendakian gunung, island hopping, ataupun traveling. Kemudian, saat saya membagikan kisah-kisah itu kepada orang lain, rasanya menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri. Maka dengan menuliskannya di blog kisah-kisah tetap tersimpan dan dibaca oleh mereka yang mencarinya.


3. Sebagai Tempat Menyimpan Kenangan

Setiap orang tentu mempunyai kenangan berharga yang terus senantiasa diingatnya. Maka menurut saya, blog adalah sarana yang tepat untuk menyimpan kenangan baik secara tulisan, foto maupun video. Agar suatu saat kelak, di saat saya tua dan renta, di saat ingatan tidak lagi tajam, saya masih bisa membaca kenangan-kenangan itu dari dalam blog.


4. Proses Transfer Pahala

Saya menginginkan bahwa tulisan-tulisan di blog saya dapat bermanfa’at bagi orang lain yang benar-benar membutuhkan informasi. Maka jika apa yang saya tulis bermanfa’at bagi orang lain, saya berharap ada transfer pahala dari langit sana. Jangan sia-siakan kebaikan sekecil apapun. Barangkali dari kebaikan berbagi yang sangat kecil nilainya ini dibanding perbuatan amal soleh lainnya, transfer pahala akan terjadi.


5. Mendatangkan Banyak Teman

Sebagai orang yang terjerat oleh rutinitas kerja yang monoton, yang bergaul dengan orang itu-itu saja, membuat otak saya terasa tumpul dan tidak terasah. Namun dengan aktifitas ngeblog dan banyak berkunjung ke blog lainnya, malah jadi menambah teman dan membuka wawasan menjadi lebih luas lagi. Dengan aktifitas ngeblog, saya tidak lagi kesepian karena bisa berinteraksi dengan sesama blogger baik di grup whatsapp, facebook, instagram, dan platform lainnya.

Kalau teman-teman, alasan apa yang membuat teman-teman menulis di blog? Share yuk!

Comments

wen ceu said…
wah.. jadi inget yaa teh dulu suka bikin biodata teman di buku diary. entah apa fungsinya tapi asik aja gituu dilakuin. hehehe
myHome said…
poin pertama itu memang yang harus ditumbuhkan, saya sendiri masih suka males nulis..
riawani elyta said…
iya benar. blog juga tempat menyimpan kenangan
Rahaps said…
Weh ngeblog udah lama banget ya teh 2018-2015 =13 tahun aku masih smp,
Setuju dengan kakak dengan ngeblok kita jadi punya banyak teman dan teman seru-seruan itu memang menyenangkan pakai banget deh
Eka Handa said…
Alasan paling utama ngeblog adalah takut amnesia teh, wkkkkk. Pokoknya niat awal cuma buat kumpulin kenangan sebanyak yg bisa ditulis. Kalo lupa sama diri sendiri ntar ada yg ngingetin, kamu punya blog yg isinya ini. Jadi bisa flashback lagi deh 😆😆.
Dan saya sudah membuktikan itu semua kak.. banyak teman, dapet duit, dokumenatsi perjalanan.. hehe
menix news said…
Hihihi teh Lina punya memory dgn multiply ya... Generasi blogger zaman old berarti.. Hehehe... Kalau sy 2008 langsung ke WP gratisan..
Yulia Marza said…
saya juga nulis diari awalnya teh, zaman kita lagi booming diari kali ya. Komputer gak punya, hape masih mahal..Jadilah diari pelampiasan. Zaman dah canggih, aspirasi dah bisa di tranfer ke blog.